Cara membuat bootable dengan Rufus terbaru 2022

59 View

Cara membuat bootable flashdisk dengan aplikasi rufus

Halo, di pembahasan ini akan mengulas tentang bagaimana caranya membuat bootable di flashdisk dengan aplikasi rufus, sebelumanya kita harus mengetahui apa itu bootable, bisa di artikan bootable adalah salah satu layanan atau fasilitas yang ada pada sistem operasi dimana layanan atau fasilitas tersebut ditempatkan pada beberapa penyimpanan seperti flashdisk, CD/DVD, dan lain-lain.

Dan rufus sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat suatu layanan atau fasilitas tersebut dengan menggunakan flashdisk, bootable biasanya digunkan untuk menginstal sistem operasi seperti windows 7, 10, atau linux,

Rufus mudah digunakan serta ukuranya dari aplikasi tersebut tergolong sangat kecil bahkan terdapat versi portablenya, dan inilah langkah-langkah untuk melakukan pembuatan bootable menggunakan aplikasi rufus.

 

Sebelumnya kita harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu sperti :

  • Aplikasi rufus
  • Flashdisk berukuran minimal 4 gb ( 8 gb sangat direkomendasikan )
  • File iso sistem opersi seperti windows 7, 8, atau linux

 

Aplikasi rufus dapat di instal dengan mengunjungi official websitenya,

Dan pada link download aplikasi rufus terdapat beberapa pilihan versi, seperti portable, versi lain yang ada di github dan versi lain yang terdapat di fosshub.

Setelah bahan di siapkan jangan lupa untuk membackup data sebelumnya yang ada pada flashdisk lalu kita format flashdisk tersebut.

 

Langkah untuk membuat bootable

  1. Yang pertama,colokan flashdisk pada usb pc/laptop, buka aplikasi rufus yang sudah di download tadi, disini saya menggunkan rufus versi portable.
  1. Pada menu “device” kita lihat dan pilih flashdisk yang akan digunakan.

  1. Kemudian pada boot selection pilih disk or ISO image.

  1. Lalu kita klik “select” cari di folder yang tersimpan sistem operasi dan pilih sistem operasi berupa file ISO yang akan kita buat bootable dan klik open.

 

  1. pada bagian partition scheme pilih yang akan kita gunakan, ini tergantung pada settingan bios yang ada pada PC/Laptop menggunakan bios legacy atau UEFI.

 

  1. Setelah itu pada bagian, format options di “volume labe” nama bootable yang akan kita buat.
  1. pada bagian file system dan cluster size kita biarkan default saja.

  1. Lalu kilk start tunggu proses pembuatan bootable selsesai, ini memerlukan waktu beberapa menit tergantung besarnya ukuran file sistem operasi dan kecepatan flashdisk.

  1. jika muncul peringatan seperti gambar diatas klik “OK”.
  2. Jika proses telah selesai dan status “READY” berwarna hijau klik “CLOSE” dan flashdisk siap digunakan untuk melakukan installasi sistem operasi.

 

 

Itulah tutorial bagaimana caranya membuat bootable menggunakan rufus, sebenarnya masih banyak aplikasi yang dapat di gunakan dalam melakukan pembuatan bootable, seperti YUMI, UNETBOOTIN, ultra ISO dan lain-lain, tetapi menurut saya rufus lah aplikasi yang sangat mudah di gunakan dari aplikasi yang lainya mengingat ukuranya yang kecil serta gratis.

 

Cukup sekian dan terima kasih, bagi yang belum jelas pada penyampaian ulasan ini, bisa langsung tulis di kolom komentar.

Gallery for Cara membuat bootable dengan Rufus terbaru 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.